Digodok Sejak 90-an, KPop Kini Mendunia

Jakarta - Bicara soal topik 90-an, hingar-bingar dunia KPop juga dimulai pada era ini. 90-an juga menjadi era penting buat munculnya berbagai fenomena yang banyak kita saksikan beberapa tahun belakangan ini.

Musik Korea berkembang dari Trot (semacam dangdut di Indonesia) menuju generasi pop dan hip hop di awal 1992. Seo Taiji & Kids menjadi salah satu grup yang mengubah persepsi masyarakat soal genre musik ini.

Grup yang juga beranggotakan Yang Hyun Suk (CEO YG Entertainment saat ini) itu merupakan awal dari munculnya penyanyi bergenre hip hop kenamaan. Sebut saja 1TYM dan Drunken Tiger JK adalah nama-nama yang terinspirasi dari kesuksesan Seo Taiji & Kids.

Kesuksesan Seo Taiji & Kids lalu diikuti dengan dibentuknya SM Entertainment oleh Lee Soo Man. Pria bertangan dingin itu merekrut anak-anak muda berbakat yang kemudian didebutkan sebagai grup idola KPop.

H.O.T disebut-sebut sebagai generasi idola KPop pertama yang sukses menyebarkan KPop sampai tahap fantastis yang membuat fanatik. Penggemar mereka datang dari kalangan remaja dan pelajar SMA.

Suksesnya H.O.T menjadikan SM Entertainment sebuah manajemen kuat kala itu. Muncul pula perusahaan-perusahaan lain yang mencetak grup idola seperti Sechs Kies & Fin.K.L--Lee Hyori--(DSP) dan juga g.o.d (JYP). Persaingan pun semakin ketat dengan semakin banyaknya grup idola yang debut.

Memasuki era munculnya manajemen seperti SM, YG dan JYP, sistem training bertahun-tahun demi menghasilkan idola berbakat pun diterapkan. Sistem ini menjadi titik awal munculnya idola-idola yang sukses di tahun 2000-an seperti BoA, Shinhwa, TVXQ, Super Junior, SNSD, Bigbang dan 2NE1.  Next »

Halaman 12

(ron/nu2)

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

22 Sep, 2014


-
Source: http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656092/s/3eb64cc6/l/0Lhot0Bdetik0N0Cread0C20A140C0A90C220C1944190C26978650C1180A0Cdigodok0Esejak0E90A0Ean0Ekpop0Ekini0Emendunia/story01.htm
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
LihatTutupKomentar